herrybsancoko

Kumpulan tulisan

Neraka dan Surga

Leave a comment

Eksistensinya ManusiaNeraka sering diilustrasikan dengan api. Namun dalam ilustrasi itu tidak digambarkan dari mana dan dari apa sumbernya api. Ujuk-ujuk ada api. Membakar liar begitu saja orang-orang yang dianggap punya dosa. Kok tidak ada gambar ban terbakar, mobil terbalik, pesawat kobong dan sebagainya. Api ada asalnya.

Ilustrasi tentang surga juga begitu. Sering digambarkan sebuah tempat yang damai. Pemandangan indah. Sungai, rumput, tanaman lengkap dengan buahnya, hewan-hewan yang lucu dan yang indah-indah lainnya. Tapi tidak ada gambar mobil, pesawat jet pribadi, mobil rolls royce, mercedes-Benz, bentley, toyota atau mitsubishi. Bahkan sepeda onthel atau yamaha bebek juga nggak digambarkan. Juga nggak ada ilustrasi segerombolan orang asyik ngobrol kemepul dengan santai ngudut gudang garam atau jisamsoe.

Sepertinya di alam sana, materi atau harta benda tidak bakal ada dan tidak bisa kita bawa. Kecuali mungkin jika harta bendanya berupa hewan piaraan. Karena diilustrasikan ada hewan-hewan. Peternak sapi sepertinya bisa pelihara sapi lagi di alam sana? Atau ketemu lagi dengan hewan ternaknya atau piaraannya?

Pertanyaan tentang neraka dan surga selalu abadi di benak manusia. Tidak ada yang bisa menjawab dengan meyakinkan. Saya membaca tiga buku yang ditulis oleh atheis (Dawkins), theolog dan filsuf (Ward). Setelah muter-muter, kesimpulan akhirnya ternyata sepele. Terserah pikiran dan pendapatku sendiri. Lho? Kok mayir.

Nek ngono sing penting ki ora nglarakke wong liya. Nek neraka apa surga itu memang ada, maka urusan masuk ke neraka atau surga biar sing “Nggawe Urip” sing nentukan. Itu hak prerogratif-Nya. Ora mungkin isa ngeyel kaya sidang MKD. Ia super maha tahu. Hingga ke sudut-sudut, lekuk-lekuk terpencil hati nurani manusia yang paling tersembunyi dan ndhepit sekalipun.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s